Recents in Beach

Mengenal 2 Jenis SSD yang Beredar di Pasaran - Perbedaan M.2 Sata dan M.2 PCIe SSD NVMe


Perkembangan teknologi selalu berkembang dari waku ke waktu, salah satu contohnya teknologi flash store yaitu SSD. Perkembangan SSD di mulai dari bentuk, dimensi, interface, hingga performa. SSD M.2 memberikan kinerja penyimpanan dengan kecepatan tertinggi yang ditujukan untuk generasi motherboard terbaru yang kompatibel dengan M.2. Bentuk yang lebih kecil serta tidak memerlukan kabel apapun, membuat SSD M.2 tidak memakan banyak tempat.

Ada dua jenis SSD M.2 yaitu M.2 SATA dan M.2 SSD NVMe(PCI Express 3.0). SSD M.2 SATA yang menggunakan jalur PCI Express 2.0 dengan protokol AHCI, Sedangkan SSD M.2 memakai 4 jalur (mode x4) PCI Express 3.0 yang mencapai secara angka teoritis 4 GB per detik menggunakan protokol NVMe.

Apa perbedaan M.2 Sata dan M.2 PCIe SSD NVMe?

Untuk Anda yang belum mengikuti perkembangan SSD, mungkin akan merasa aneh dengan penamaan produk SSD M.2 NVMe. NVMe sendiri merupakan singkatan dari Non-Volatile Memory Express. Produk tersebut menawarkan kemampuan serupa dengan SSD. Namun memiliki performa latency dan penggunaan CPU Usage yang jauh lebih rendah, serta keunggulan dalam memanfaatkan perangkat internal berbasis flash secara paralel.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan, sebelum Anda membeli SSD M.2, karena tidak semuanya sama. SSD M.2 dengan kecepatan tinggi menggunakan 4 jalur PCI Express 3.0 yang mencapai secara angka teoritis 4 GB per detik menggunakan protokol NVMe. kemudian SSD M.2 SATA yang menggunakan jalur PCI Express 2.0 dengan protokol AHCI. Oleh sebab itu, cek kembali spesifikasi sistem yang Anda miliki.

from : arstechnica.com

Perhatikan juga fisik dudukkan modul-kunci (slot) SSD M.2 yang akan dibeli, apakah kompatibel dengan sistem yang anda miliki. Walaupun disebut M.2 tetapi jenis dudukkan slotnya berbeda-beda. SSD SATA dan SSD PCIe 2.0 umumnya memakai jalur SATA dan 2 jalur PCIe 2.0 menggunakan Slot B dan Slot M demi kompabilitas, SSD NVMe (PCIe 3.0) hanya khusus memakai 4 jalur PCIe 3.0 dan menggunakan Slot M demi kecepatan transfer data. Oleh karena banyaknya jenis slot dudukkan M.2 lebih baik diperiksa kembali jenis slot dudukan M.2 yang didukung oleh sistem Anda.

Kemudian yang harus diperhatikan selanjutnya adalah ukuran fisik SSD M.2, sebab setiap SSD M.2 memiliki ukuran yang berbeda. SSD M.2 diberi keterangan 2230 (22mm lebar, 30mm panjang), 2242 (22mm lebar, 42mm panjang), 2260 (22mm lebar, 60mm panjang), 2280 (22mm lebar, 80mm panjang) dan seterusnya. Biasanya Karena beberapa Laptop Ultrabook, motherboard NUC, motherboard tablet PC tidak mendukung SSD M.2 yang terlalu panjang.

Sekian Artikel tentang Mengenal 2 Jenis SSD yang Beredar di Pasaran - Perbedaan M.2 Sata dan M.2 PCIe SSD NVMe. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah dan share artikel ini jika menurut sobat artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel di 21tekno. :)

Post a Comment

3 Comments

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Makasih atas uraiannya, saya sudah agak paham mengenai apa itu M.2 dan teknologi NVMe dibanding SATA. Ternyata M.2 itu adalah form factor nya sedangkan SATA dan NVMe merupakan teknologi SSD nya, benar begitu kira-kira ya?

    ReplyDelete

|=======================================================================================================
|=> Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin di tanyakan.
|=> Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan.
|=> Jangan lupa di share jika artikel ini bermanfaat. :)
|=======================================================================================================